Sabtu, 06 Oktober 2012

contoh pengambilan keputusan



Sering sekali saat kita hendak membutuhkan  sesuatu kita dihadapkan dengan beberapa pilihan atau alternatif, pilihan inilah yang membuat kita harus melewati proses pengambilan keputusan.
Kita misalkan saja Pa Yudo yang akan mendaftarkan anaknya ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
Menuntut lmu merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan ini, setiap waktu manusia membutuhkan ilmu untuk menjalani hidupnya. Sekolah adalah salah satu sarana untuk menuntut ilmu, untuk itu Pa Yudo sangat membutuhkan sekolah untuk anaknya.
Tidak hanya ada satu sekolah yang tersedia , banyak pilihan atau alternative yang dihadapkan oleh Pa Yudo. Yang mempersulit usaha pengambilan keputusan ialah bahwa kondisi dan sifat lingkungan itu tidak selalu dapat diketahui dengan pasti misalnya ketika seperti biaya pendidikan yang sangat mahal, penilaian orang lain terhadap pilihan konsumen sangat berpengaruh, keinginan anaknya untuk memilih sekolahnya sendiri , kualitas dan fasilitas, lokasi, ancaman fisik, psikologi maupun sosial yang besar akibat bersekolah disitu, dan hasil masih belum dapat terbukti.
Setelah mengindentifikasi masalah, Pa Yudo memulai proses pencarian untuk memperoleh informasi mengenai sekolah – sekolah mana yang mungkin mengeliminasi masalah tersebut. Proses pencarian informasi pasti akan menghasilkan beberapa nama sekolahan yang selanjutnya akan dibandingkan dan diidentifikasi sebagai cara yang potensial untuk mencapai proses keputusan. Ketika membandingkan pilihan ini, konsumen membentuk keyakinan, sikap, dan tujuan mengenai alternatif yang dipertimbangkan serta memperhitungkan situasi, kondisi, waktu dan ruang.
Langkah Pa Yudo selanjutnya dalam proses pengambilan keputusan adalah membuat pilihan. Pa Yudo harus menentukan pilihan diantara sekolah-sekolah yang ada, dari yang sekolah negeri , sekolah swasta, sekolah yang lokasinya berdekatan dengan rumah atau sekolah yang letaknya jauh dari rumah dan pilihan lainnya . Bagaimana orang menentukan pilihannya sangat dipengaruhi oleh jenis proses keputusan dimana mereka terlibat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar