Sering sekali saat
kita hendak membutuhkan sesuatu kita
dihadapkan dengan beberapa pilihan atau alternatif, pilihan inilah yang membuat
kita harus melewati proses pengambilan keputusan.
Kita misalkan saja
Pa
Yudo yang akan mendaftarkan
anaknya ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
Menuntut lmu
merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan ini, setiap waktu manusia
membutuhkan ilmu untuk menjalani hidupnya. Sekolah adalah salah satu sarana
untuk menuntut ilmu, untuk itu Pa Yudo sangat membutuhkan sekolah untuk anaknya.
Tidak hanya ada satu sekolah yang tersedia , banyak pilihan atau alternative
yang dihadapkan oleh Pa Yudo. Yang
mempersulit usaha pengambilan keputusan ialah bahwa kondisi dan sifat lingkungan
itu tidak selalu dapat diketahui dengan pasti misalnya ketika seperti biaya pendidikan yang sangat mahal, penilaian orang
lain terhadap pilihan konsumen sangat berpengaruh, keinginan anaknya untuk
memilih sekolahnya sendiri , kualitas dan fasilitas, lokasi, ancaman fisik, psikologi maupun sosial yang besar akibat
bersekolah disitu, dan hasil masih belum dapat terbukti.
Setelah mengindentifikasi masalah, Pa Yudo memulai proses
pencarian untuk memperoleh informasi mengenai sekolah – sekolah mana yang
mungkin mengeliminasi masalah tersebut. Proses pencarian informasi pasti akan
menghasilkan beberapa nama sekolahan yang selanjutnya akan dibandingkan dan
diidentifikasi sebagai cara yang potensial untuk mencapai proses keputusan. Ketika
membandingkan pilihan ini, konsumen membentuk keyakinan, sikap, dan tujuan
mengenai alternatif yang dipertimbangkan serta memperhitungkan situasi,
kondisi, waktu dan ruang.
Langkah Pa Yudo selanjutnya dalam proses pengambilan keputusan
adalah membuat pilihan. Pa Yudo harus menentukan pilihan diantara
sekolah-sekolah yang ada, dari yang sekolah negeri , sekolah swasta, sekolah
yang lokasinya berdekatan dengan rumah atau sekolah yang letaknya jauh dari
rumah dan pilihan lainnya . Bagaimana orang menentukan pilihannya sangat
dipengaruhi oleh jenis proses keputusan dimana mereka terlibat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar