Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan proses
pengambilan keputusannya dalam pembelian suatu barang misalnya keluarga,rumah
tangga dan situasi kapan barang tersebut benar-benar dibutuhkan.
keluarga sebagai suatu lingkup paling dekat dengan konsumen “keluarga”
merupakan pengaruh paling kuat pada si konsumen dalam memilih suatu produk.
Mengapa demikian, pertama adalah keluarga sebagai sumber orientasi yang terdiri
dari keluarga. Kedua adalah keluarga sebagai sumber keturunan. Jadi keluarga
ada hubungannya dalam mempengaruhi prilaku konsumen.Dalam kehidupan rumah
tangga situasi dari keadaan di dalamnya menjadikan patokan dari konsumen
sebagai pembeli, dimana tindakan itu terjadi karena pembentukan sebuah
emosional, yaitu terbentuknya suatu keprobadian dan gaya hidup dalam diri
si konsumen tersebut. Dengan kata lain pembetukan suatu imej seseorang dalam
pembentukan kepribadian dipengaruhi oleh lingkunga sekitar yaiut kelurga,teman,
dan sekitar yang berpengaruh besar dalam perilaku konsumen.Kepribadian dan
Konsep diri Kepribadian: karakteristik psikologi unik dari seseorang yang
menyebabkan respons yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap
lingkungan dirinya sendiri. Konsep diri: disebut juga dengan citra diri, dasar
yang digunakan adalah bahwa apa yang dimiliki seseorang memberi kontribusi pada
dan mencerminkan iden titas mereka, artinya: “kami adalah apa yang menjadi
milik kami”.
Walaupun
keluarga dan rumah tangga berpengaruh terhadap perilaku konsumen, namun belum
tentu konsumen langsung membeli produk tersebut. Dalam keputusan pembelian
masih ada beberapa hal yang perlu dicermati, seperti :
-Motivasi
merupakan suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk bertindak ,jika suatu pengaruh tidak disertai oleh motivasi kuat dalam membeli maka pembelian itu tidak akan terjadi dalam tanda kutip sebagai ”angan angan saja”.
-kemampuan membeli
merupakan hal yang paling mendasar dalam terjadinya goal pembelian suatu produk tertentu,, karena motivasi tanpa adanya kesanggupan dari sang pembeli itu tidak akan terjadi, maka jika kita akan menjadi suatu pemasaran kita harus melihat berbagai aspek dalam menjual produk yang akan kita jual.
merupakan suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk bertindak ,jika suatu pengaruh tidak disertai oleh motivasi kuat dalam membeli maka pembelian itu tidak akan terjadi dalam tanda kutip sebagai ”angan angan saja”.
-kemampuan membeli
merupakan hal yang paling mendasar dalam terjadinya goal pembelian suatu produk tertentu,, karena motivasi tanpa adanya kesanggupan dari sang pembeli itu tidak akan terjadi, maka jika kita akan menjadi suatu pemasaran kita harus melihat berbagai aspek dalam menjual produk yang akan kita jual.
Pengaruh-pengaruh dalam penjualan suatu produk :
-demografis
-geografis
-daya beli
-demografis
-geografis
-daya beli
sumber : http://monicatyas.wordpress.com/2011/07/06/pengaruh-keluarga-terhadap-perilaku-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar