PROSES DALAM RISET PEMASARAN
LANGKAH 1 :
DEFINISI MASALAH
Meliputi
kegiatan pembahasan dengan pembuatan keputusan, wawancara dengan pakar
industri, analisis data sekunder, dan mungkin beberapa riset semisal fokus grup
LANGKAH 2 :
PENGEMBANGAN PENDEKATAN TERHADAP MASALAH
Terdiri dari formulasi tujuan atau bingkai kerja teoritis, model analitis, pertanyaan riset, serta hipotesis dan identifikasi informasi yang diperlukan
LANGKAH 3:
FORMULASI RANCANGAN RISET
Rancangan riset adalah bingkai kerja atau cetak biru untuk melaksanakan riset yang merinci
prosedur yang penting untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan yang
bertujuan untuk merancang sebuah pengujian yang akan menguji hipotesis dari hal
yang diteliti, menentukan jawaban yang mungkin bagi pengayaan riset serta
menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan.
LANGKAH 4 :
KERJA LAPANGAN DAN PENGUMPULAN DATA
Pengumpulan data melibatkan tenaga lapangan yang beroperasi di lapangan, seperti: wawancara personal, wawancara telepon, wawancara surat.
LANGKAH 5 :
PENYIAPAN DAN ANALISIS DATA
Terdiri dari proses edit, penyediaan, transkripsi, dan verifikasi data. Setiap format kuesioner diperiksa.
LANGKAH 6:
PENYIAPAN DAN PRESENTASI LAPANGAN
Keseluruhan proyek harus didokumentasikan dalam sebuah laporan tertulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar