Minggu, 08 Juni 2014

PROMOSI DAN PERIKLANAN

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.  Promosi merupakan salah satu variabel bauran pemasaran (marketing mix) yang mempunyai peranan penting dalam menyampaikan informasi mengenai produk perusahaan kepada konsumen. Setiap perusahaan akan selalu melakukan suatu promosi dalam menjual produknya untuk diperkenalkan kepada konsumen.

Kegiatan promosi merupakan salah satu komponen yang menjadi prioritas dari sebuah kegiatan pemasaran. Promosi sangat penting dalam melakukan dan mengembangkan suatu usaha. Dengan adanya promosi maka konsumen akan mengetahui bahwa perusahaan meluncurkan produk baru yang akan menggoda konsumen untuk melakukan kegiatan pembelian. Kegiatan promosi dilakukan untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan. Promosi inilah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu usaha, bagaimana usaha itu dikenal orang, meraih pelanggan, dan bertahan dari persaingan dengan kompetitor. Melalui promosi, diharapkan konsumen akan menaruh perhatian ke produk kita.

Media promosi merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Ada beberapa macam media promosi yang berkembang saat ini, dari media konvensional sampai media tidak konvensional. Media promosi yang paling konvensional adalah komunikasi mouth to mouth atau mulut ke mulut. Contoh media promosi lainnya misalnya brosur, leatflet, flyer, poster, baliho, billboard, iklan di televisi, koran, sticker dan sebagainya.

Berbicara tentang promosi tidak akan lepas kaitannya dengan membicarakan iklan. Keduanya mempunyai kaitan yang erat dalam mengkomunikasikan suatu produk. Iklan adalah salah satu bentuk dari promosi melalui media yang sering dijumpai. Banyak promosi yang menggunakan iklan sebagai perantara komunikasinya, tanpa adanya periklanan berbagai produk dan jasa tidak akan dapat berjalan dengan lancar. 

Salah satu tahap dari pemasaran adalah periklanan, yaitu merupakan tahap yang sangat penting karena tanpa adanya periklanan berbagai produk dan jasa tidak akan dapat berjalan dengan lancar. Iklan merupakan bagian dari promosi yang meliputi iklan media ataupun elektronik. Setiap perusahaan akan selalu melakukan suatu promosi dalam menjual produknya untuk diperkenalkan kepada konsumen.

1 komentar: