Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting
bagi perusahaan di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan
dari sebuah perusahaan. Promosi
merupakan salah satu variabel bauran pemasaran (marketing mix) yang mempunyai peranan penting dalam menyampaikan
informasi mengenai produk perusahaan kepada konsumen. Setiap perusahaan akan
selalu melakukan suatu promosi dalam menjual produknya untuk diperkenalkan
kepada konsumen.
Kegiatan promosi merupakan salah satu komponen yang
menjadi prioritas dari sebuah kegiatan pemasaran. Promosi sangat penting dalam
melakukan dan mengembangkan suatu usaha. Dengan adanya promosi maka konsumen
akan mengetahui bahwa perusahaan meluncurkan produk baru yang akan menggoda
konsumen untuk melakukan kegiatan pembelian. Kegiatan promosi dilakukan untuk
merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang
dibeli pelanggan. Promosi inilah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan
suatu usaha, bagaimana usaha itu dikenal orang, meraih pelanggan, dan bertahan
dari persaingan dengan kompetitor. Melalui promosi, diharapkan konsumen akan
menaruh perhatian ke produk kita.
Media promosi merupakan alat atau sarana yang
digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Ada beberapa macam media promosi
yang berkembang saat ini, dari media konvensional sampai media tidak
konvensional. Media promosi yang paling konvensional adalah komunikasi mouth to mouth atau mulut ke mulut.
Contoh media promosi lainnya misalnya brosur, leatflet, flyer, poster, baliho, billboard, iklan di televisi, koran, sticker dan sebagainya.
Berbicara tentang promosi tidak akan lepas kaitannya
dengan membicarakan iklan. Keduanya mempunyai kaitan yang erat dalam
mengkomunikasikan suatu produk. Iklan adalah salah satu bentuk dari promosi
melalui media yang sering dijumpai. Banyak promosi yang menggunakan iklan sebagai
perantara komunikasinya, tanpa adanya periklanan berbagai produk dan jasa tidak
akan dapat berjalan dengan lancar.
Salah satu tahap dari pemasaran adalah periklanan,
yaitu merupakan tahap yang sangat penting karena tanpa adanya periklanan
berbagai produk dan jasa tidak akan dapat berjalan dengan lancar. Iklan
merupakan bagian dari promosi yang meliputi iklan media ataupun elektronik.
Setiap perusahaan akan selalu melakukan suatu promosi dalam menjual produknya
untuk diperkenalkan kepada konsumen.
Terimakasih, artikel yang menarik. Kunjungi website kami:
BalasHapusdisini