Minggu, 08 Juni 2014

KETERTARIKAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR TERHADAP PROGRAM CEPAT BERBAHASA INGGRIS



Bahasa Inggris Bisnis
KETERTARIKAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR TERHADAP PROGRAM CEPAT BERBAHASA INGGRIS
Sebagai Tugas Dari Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis












Kelas : 4EA01

·    



UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN 2010
JAKARTA
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional  yang digunakan dalam dunia teknologi, pendidikan, politik, perdagangan, dan lain sebagainya. Bahasa Inggris sudah sangat mendominasi semua aspek dalam hal komunikasi. Kita bisa melihat sebagian besar Negara-negara di Asia juga menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sesudah bahasa nasional mereka. Dan hampir semua barang  elektronik menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan didalamnya. Maka dari itu, Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat di dunia.
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa penting yang harus dipelajari oleh semua kalangan mulai dari siswa Play Group, Taman Kanak-Kanak(TK),  Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), mahasiswa, karyawan, maupun masyarakat umum lainnya. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang akan menunjang komunikasi dengan orang lain. Karenanya,  mempelajari bahasa Inggris wajib untuk berkomunikasi secara efektif dan harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari, dalam berbagai aktifitas.
Tak bisa dipungkiri kemampuan berbahasa Inggris sangat penting bagi Mahasiswa khususnya. Banyak referensi penunjang perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Terlebih, bagi mahasiswa tingkat akhir atau mahasiswa yang sebentar lagi akan menyandang gelar sarjana dan memasuki dunia kerja wajib baginya menguasai dan memahami bahasa inggris.
Saat ini kemampuan berbahasa Inggris juga sering dijadikan salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Bahkan mungkin boleh dikatakan hampir semua pekerjaan profesional mensyaratkan penguasaan bahasa Inggris yang baik. Kalaupun tidak disyaratkan mampu berbahasa Inggris, sarjana yang menguasai bahasa Inggris biasanya akan lebih diutamakan untuk suatu pekerjaan.  Dunia kerja akan tergiur oleh orang-orang yang pandai berbahasa Inggris.Kecakapan berbahasa Inggris tentunya akan memberikan nilai lebih bagi calon pelamar kerja, Mereka akan lebih dipandang dalam kompetisi dunia kerja.
Memasuki era pasar bebas ASEAN atau AFTA pada tahun 2015 nanti menuntut setiap individu khususnya mahasiswa tingkat akhir untuk mempersiapkan sumber daya yang handal terutama di bidang komunikasi. Dalam hal ini peranan bahasa inggris sangar diperlukan dalam menguasai teknologi komunikasi maupun dalam berinteraksi secara langsung. Akan ada semakin banyak warga negara luar yang akan bersaing bekerja di Indonesia, dan akan semakin banyak berdiri perusahaan-perusahaan asing di indonesia sehingga penggunaan bahasa internasional seperti bahasa inggris sudah sangat tersebar luas, tentunya untuk para calon entrepreneur dan pencari kerja sudah menjadi suatu keharusan untuk bisa menguasai bahasa inggris agar bisa mengikuti perkembangan jaman di era globalisasi ini. Hal tersebut memaksa mahasiswa tingkat akhir untuk dapat dengan lancar menggunakan bahasa inggris, agar saat menyandang gelar sarjana nanti dan saat mencari pekerjaan, peluang kerja dari perusahan-perusahaan asing tersebut terbuka  luas untuk dirinya.
Melihat hal tersebut, saat ini banyak lembaga-lembaga penyedia pelatihan dan pendidikan bahasa inggris yang menyediakan tempat untuk mengasah lebih dalam kemampuan berbahasa inggris mahasiswa. Program cepat bisa berbahasa inggris dalam waktu singkat menjadi salah satu program yang banyak ditawarkan oleh beberapa lembaga penyedia pelatihan dan pendidikan kursus bahasa inggris. Untuk itu penulis tertarik melakukan pembahasan dengan judul “Ketertarikan Mahasiswa Tingkat Akhir Terhadap Program Cepat Berbahasa Inggris ”.
1.2  Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas maka dapat dirumuskan permasalah yang akan dilakukan dalam pembahasan makalah ini yaitu :
 Bagaimana ketertarikan mahasiswa tingkat akhir terhadap program cepat berbahasa inggris?
1.3              Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan makalah ini adalah
Mengetahui sejauh mana minat dan ketertarikan mahasiswa tingkat akhir terhadap program cepat berbahasa inggris?


PEMBAHASAN

2.1 Pentingnya Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa
Bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki mahasiswa. Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang akan menunjang komunikasi dengan orang lain. Terlebih, saat ini banyak referensi penunjang perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Demikian disampaikan Presiden Student English Activity-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (SEA-UMY) Omi Ongge dalam diskusi terbatas Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris di Kampus Terpadu UMY baru-baru ini. Menurutnya, bahasa Inggris tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi secara langsung tetapi juga menunjang mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan perkuliahannya. Saat ini referensi-referensi terbaru kebanyakan adalah berbahasa Inggris baik cetak maupun online atau internet. Selain itu mengadakan atau mendatangkan dosen tamu dari luar negeri, serta mengadakan seminar internasional merupakan  kesempatan-kesempatan yang pastinya akan menggunakan bahasa Inggris. Karena itu, mahasiswa harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan melakukan berbagai aktivitas terkait dengan hal tersebut. Seperti menulis artikel, mengikuti diskusi, debat, maupun pidato bahasa Inggris. Hal itu selain akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris juga pengetahuan secara keseluruhan. Misalnya lomba pidato, selain harus pandai berbahasa Inggris, juga harus menguasai tema, kemudian berani berbicara di depan umum dan lainnya.
Penguasaan Bahasa Inggris sangat penting bagi seorang mahasiswa, namun sayang masih banyak juga yang belum menyadari perlunya penguasaan Bahasa Inggris yang baik bagi seorang mahasiswa. Bukan berarti nilai bahasa Inggris saya tinggi sekali, tapi saya juga baru mulai lagi untuk belajar meningkatkan kemampuan B. Ingris. Juga bukan karena menganggap bahasa Inggris lebih tinggi dari bahasa manapun, masalahnya tidak bisa dipungkiri bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak di gunakan di seluruh dunia. Selanjutnya apa pentingnya penguasaan bahasa Inggris bagi seorang mahasiswa, dibawah ini mungkin adalah sebagiannya.
Untuk seorang mahasiswa, bahasa Inggris merupakan salah satu prasyarat untuk memperoleh gelar sarjana. Tentu kita semua sudah mengalami test TOEFL, untuk mahasiswa sekarang kalau tidak salah TOEFL-nya harus 400. Kalau dibawah 400, harus mengulang hingga nilainya diatas 400. Amat disayangkan bukan kalau seorang mahasiswa harus menunda sidang skripsinya karena nilai TOEFL-nya tidak cukup.
Saat ini kemampuan berbahasa Inggris juga sering dijadikan salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Bahkan mungkin boleh dikatakan hampir semua pekerjaan profesional mensyaratkan penguasaan bahasa Inggris yang baik. Apalagi perusahaan internasional yang gajinya internasional juga. Kalaupun tidak disyaratkan mampu berbahasa Inggris, sarjana yang menguasai bahasa Inggris biasanya akan lebih diutamakan untuk suatu pekerjaan.
Seorang sarjana yang mutlak harus mengusai Bahasa Inggris adalah sarjana yang berencana untuk meneruskan pendidikannya hingga S-2 atau S-3. Kalau untuk lulus S-1 harus punya TOEFL 400, untuk mengambil S-2 kita harus punya TOEFL 480-500. Pendidikan S-2 atau S-3 biasanya diambil oleh dosen atau calon dosen, sebagai seorang dosen atau dosen tentu saja kita harus menguasai bahasa Inggris, dosen tidak boleh kalah berbahasa Inggris dengan mahasiswanya.
Mengusai bahasa Inggris juga salah satu syarat mutlak untuk memperoleh beasiswa pascasarjana (S-2 dan S-3). Saat ini banyak sekali tawaran beasiswa pascasarjana untuk sarjana-sarjana di Indonesia, baik untuk kuliah di dalam negeri maupun di luar negeri. Semua beasiswa tersebut (hampir semuanya) mensyaratkan penguasaan bahasa Inggris.
2.2 Ketertarikan Mahasiswa Terhadap Program Cepat Berbahasa Inggris
            Berikut merupakan tabel dari hasil wawancara singkat yang kami lakukan kepada 40 Mahasiswa Tingkat Akhir Kelas 4EA01 Universitas Gunadarma, mengenai ketertarikan mereka terhadap program cepat berbahasa inggris adalah sebagai berikut :
Tabel 2.1
Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir
Keterangan
Jumlah
Presentase
Sangat Penting
31
77%
Penting
9
23%
Tidak Penting
0
0%
Total
40
100%

Gambar 2.1 Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir
Berdasarkan tabel diatas maka ditarik kesimpulan bahwa dari 40 mahasiswa yang beranggapan bahwa bahasa inggris sangat penting bagi dirinya sebagai mahasiswa tingkat akhir adalah sebanyak 31 orang dengan presentase 77,5% dan yang menganggap penting sebanyak 9 orang dengan presentase 22,5%. Ini berarti bahwa hampir dari seluruh mahasiswa tingkat akhir di kelas 4EA01 menyetujui bahwa bahasa inggris itu menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk menunjang kemampuan dan ketrampilannya dalam memasuki dunia kerja.
Table 2.2
Ketertarikan Mahasiswa Tingkat Akhir Terhadap Program Cepat Berbahasa Inggris
Tingkat Ketertarikan
Jumlah
Presentase
Sangat Tertarik
8
20%
Tertarik
25
62%
Tidak Tertarik
7
18%
Total
40
100%
Gambar 2.2 Ketertarikan Mahasiswa Tingkat Akhir Terhadap Program cepat berbahasa inggris
Berdasarkan tabel diatas maka ditarik kesimpulan bahwa dari 40 mahasiswa tingkat akhir pada kelas 4EA01 Universitas Gunadarma sebanyak 25 mahasiswa dengan presentase 62% tertarik untuk mengikuti program cepat berbahasa inggris , dan 8 mahasiwa sangat tertarik, serta sisanya 7 mahasiswa tidak tertarik. Hal ini berarti bahwa program cepat berbahasa inggris menjadi cukup efektif menarik minat para mahasiswa tingkat akhir di kelas 4EA01.


KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan dan uraian Ketertarikan Mahasiswa Tingkat Akhir Terhadap Program Cepat Berbahasa Inggris diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hampir dari seluruh mahasiswa tingkat akhir di kelas 4EA01 menyetujui bahwa bahasa inggris itu menjadi salah satu hal yang sangat penting yang harus dimiliki untuk menunjang kemampuan dan ketrampilannya ketika menyandang gelar sarjana dan memasuki dunia kerja. Dan salah satu  program cepat berbahasa inggris yang ditawarkan beberapa lembaga pelatihan dan pendidikan kursus bahasa inggris menjadi cukup efektif menarik minat para mahasiswa tingkat akhir di kelas 4EA01. Terlebih, saat ini kemampuan berbahasa Inggris juga sering dijadikan salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Bahkan mungkin boleh dikatakan hampir semua pekerjaan profesional mensyaratkan penguasaan bahasa Inggris yang baik. Dunia kerja akan tergiur oleh orang-orang yang pandai berbahasa Inggris. Kecakapan berbahasa Inggris tentunya akan memberikan nilai lebih bagi calon pelamar kerja, Mereka mahasiswa yang menguasai bahasa inggris akan lebih dipandang dalam kompetisi dunia kerja.






DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar